PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo "Soal biaya kampanye Pilkada 2012 kan kesepakatan lagian kan habis untuk biaya iklan tentang pak Prabowo Subianto sendiri zaman itu. Jadi penerima manfaat terbesar pak Prabowo," - Eva Kusuma Sundari

 Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan biaya kampanye Joko Widodo (Jokowi) di Pilgub 2012 dari Prabowo merupakan kesepakatan. Ia mengatakan biaya kampanye itu digelontorkan untuk iklan Prabowo. Hal itu disampaikan Eva terkait pernyataan Waketum Gerindra Edhy Prabowo yang mengatakan biaya kampanye Jokowi di Pilgub dibiayai dari keuntungan pengelolaan lahan HGU milik Prabowo.

"Soal biaya kampanye Pilkada 2012 kan kesepakatan lagian kan habis untuk biaya iklan tentang pak Prabowo Subianto sendiri zaman itu. Jadi penerima manfaat terbesar pak Prabowo," kata Eva saat dihubungi wartawan, Rabu (20/02/2019).

Eva menjelaskan apabila dilihat dari isi konten iklan tersebut, isi kampanye Jokowi-Ahok pada Pilgub DKI Jakarta banyak mengampanyekan Prabowo Subianto. Menurutnya, iklan tersebut memberikan manfaat bagi Prabowo.

"Kan ada analisa konten, bahwa isi kampanye Jokowi-Ahok, banyak mengkampenyakan pak Prabowo juga. Jadi penerima manfaat balik ke Prabowo sendiri juga," ujarnya.

Selanjutnya, Eva mengatakan apa yang dikatakan Waketum Gerindra Edhy Prabowo tidak menghilangkan fakta bahwa Prabowo memiliki lahan yang luas, sehingga menyebabkan indeks ratio penguasaan tanah menjadi tidak adil.

"Apapun kilahnya, tidak menghilangkan fakta bahwa beliau pegang HGU maha luas yang menyebabkan gini indeks ratio penguasaan tanah jadi gak adil, sesuatu yang dipakai menyerang pak Jokowi. Pak Prabowo gak legitimate menyoal karena dia bagian dari persoalan," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo mengatakan keuntungan pengelolaan lahan hak guna usaha (HGU) milik Prabowo Subianto juga berkontribusi membiayai kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta tahun 2012 yang lalu.

"Dari usaha kelola lahan tersebut, banyak warga yang dipekerjakan, banyak anak-anak yang disekolahkan, banyak kontribusi untuk lingkungan sekitar. Dan yang perlu diketahui bersama, salah satu keuntungan usaha kelola lahan tersebut adalah untuk membiayai kampanye Pak Jokowi saat Pilgub DKI tahun 2012 lalu yang jumlahnya sangat besar," kata Edhy dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (20/02/2019).

Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Kubu Jokowi: Ujian Nasional harus dipertahankan
Aksi ambil untung buat IHSG rentan terkoreksi
Fadli Zon nilai ujian nasional tak selesaikan persoalan standardisasi pendidikan
KPU nilai debat ketiga lebih kondusif dibanding debat kedua
Golkar nilai debat cawapres tak seimbang, Ma'ruf Amin jauh lebih menguasai
Kubu Prabowo nilai Ujian Nasional pantas dihapus
Allah lebih memihak perempuan?
Politisi Demokrat desak audit lingkungan di Pulau Wawonii dan Kabaena
Bautista kembali menangi balapan kedua WSBK Thailand
Fetching news ...